About - Zacky Muzakkil Anam

About

         Tentang saya. Yupz tulisan ini sedikit mewaliki apa yang ada pada diri saya, Perkenankan saya untuk mengenalkan diri saya kepada sahabat pembaca blog pribadi saya ini. Nama pemberian asli dari orang tua saya Ahmad Muzakkil Anam,  lahir di Jepara, 24 Juli 1990 dari pasangan Ahmad  Faiq Yasin dan Zakiyah. Pertama kali mengenyam pendidikan di Taman Kanak-kanan Pertiwi di desa Tedunan, Kedung, Jepara pada tahun 1995. Setelah itu melanjutkan jenjang pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 02 Tedunan, Kedung, Jepara, dan menyelesaikan jenjang pendidikan tersebut pada tahun 2002. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, penulis melanjutkan pendidikannya di Madrasah Tsanawiyah “Tasymirusy-Syubban” Tedunan, Kedung, Jepara.

         Tiga tahun kemudian melanjutkan jenjang pendidikannya di Madrasah Diniyyah  Al-Wustho di Perguruan Islam Mathali’ul Falah, Kajen, Margoyoso, Pati selama satu tahun sebagai persiapan untuk memasuki Madrasah Aliyah. Selama menempuh pendidikan di jenjang ini, penulis juga tinggal di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar, Kajen,  Margoyoso, Pati. Setelah satu tahun menempuh pendidikan di Madrasah Diniyah Wustho, akhirnya pada tahun 2006 penulis masuk di jenjang pendidikan berikutnya, yaitu di  Madrasah Aliyah Perguruan Islam Mathali’ul, Kajen, Margoyoso, Pati, dan lulus pada tahun 2009. Setelah lulus dari Madrasah Aliyah tersebut, Selanjutnya, penulis melanjutkan pendidikan formalnya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) sejak tahun 2009 dan mampu menyelesaikan pendidikan pada semester 8, tepatnya pada tahun 2013. Sempat jeda satu semester, akhirnya penulis melanjutkan pendidikan formalnya di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun 2014, dan akhirnya resmi mendapatkan gelar Magister Pendidikan Agama Islam pada tahun 2016. 

       Selama berada di bangku pendidikan, penulis juga aktif dalam beberapa kegiatan organisasi. Pada tahun 2003-2004, penulis menjadi wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)  MTs Tasymirus-Syubban. Kemudian, pada tahun 2006-2007, penulis menjadisalah satu staf bidang keilmuan di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar, Kajen. Sementara itu, di jenjang pendidikan strata satu, penulis menjadi mentor dalam satu program Pendidikan Pengembangan Kepribadian Muslim Integral (P3KMI), yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta selama dua periode, yaitu pada tahun 2010-2012. Aktivitas keseharian penulis saat ini aktif mengajar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

      Blog ini berawal dari tugas salah seorang dosen saat kuliah di S1. Akan tetapi, pada akhirnya penulis menjadikan ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi tugas kuliah, melainkan untuk sarana penyampaian ide-ide gagasan penulis, termasuk tulisan-tulisan lainnya dengan tema yang dinamis. Di samping itu, penulis menyadari betul bahwa menulis adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kita tidak akan dilupakan oleh waktu. Menulis adalah cara terbaik bagi kita untuk selalu ingat bahwa kita pernah memiliki. “Bahwa pergi dan berpisah itu pasti, manusia mati itu niscaya. Tapi pada akhirnya, untuk menjadi manusia yang bisa dikenang tau dilupakan itu pilihan. Dan menulis adalah cara terbaik untuk memastikan kita bisa ingat, bahwa kita pernah ada dan kita akan selalu ada, meskipun hanya dalam tulisan.”

Belum ada Komentar untuk "About"

Posting Komentar